Cerita dari Beijing

Alhamdulillah beberapa waktu yang lalu, saya diberi kesempatan untuk berkunjung ke Negri China, tepatnya di Kota Beijing selama 4 hari dalam rangka mengikuti konferensi ISOPE 2010 (International Offshore (Ocean) and Polar Engineering).

Ini adalah konferensi bertaraf internasional yang pertama kali saya ikuti, dimana dalam konferensi tersebut dipresentasikan 668 paper dari para scientist dari 51 negara. Sangat menarik sekali, karena selain kita bisa mengaktualisasi pengetahuan kita di bidang coastal/ocean Engineering, di Konferensi ini kita bisa juga berinteraksi langsung dengan ilmuan2an top dunia yang selama ini cuma saya kenal namanya saja dari paper2nya.

Konferensinya sendiri bertempat di China National Conventional Centre (CNCC). Gedung tersebut dibuat awalnya dalam rangka untuk acara Olympiade Beijing 2008. Karena dalam rangka tersebut sehingga gedung ini berada di Kompleks infrastruktur untuk keperluan Olympiade, seperti Stadion sepak bola, Indoor stadium, perkampungan atlit, hotel dan restourant bertaraf internasional. Pada saat ini (Pasca Olympiade) gedung tersebut dipakai sebagai gedung “Serba Guna”. Sangat sering sekali dipakai untuk konferensi-koferensi bertaraf internasional dan pameran-pameran. Pada saat kami melakukan konferensi, paling tidak ada 4 konferensi lain yang diselenggarakan untuk berbagai bidang ilmu.

China National Conventional Centre (CNCC)

Saya “terbang” dari Bandara Internasional Fukuoka menuju Beijing Capital Airport dengan menggunakan maskapi penerbangan Air of China (China Air lines) dengan pesawat jenis Boing 737-800. Pesawat yang tergolong “kecil” untuk ukuran penerbangan internasional dari Jepang ke China dengan waktu tempuh kurang lebih 4,5 ┬ájam. Sebelum landing di Beijing Capital Airport, kita singgah sekitar 1 jam di Dalian Airport untuk pemeriksaan keimigrasian.

Beijing Capital Airport

Di sela-sela acara Konferensi, Saya berkesempatan untuk mengunjungi tempat-tempat wisata yang menjadi “land mark” Kota Beijing, diantaranya : Great Wall, Temple of Heaven, Tiananmen Square, Forbidden city, Summer Palace, dan beberapa pusat kerajian souvenir.

BERSAMBUNG…..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + four =